Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui - Rasanya merokok tanpa kopi kurang afdhol. Kopi merupakan teman setia rokok. Kopi saat ini memang digemari banyak orang. Mulai dari usia muda sampai tua. Semua suka kopi.

Walaupun rasanya pahit namun jika dicampurkan dengan gula maka rasanya akan berbeda. Rasanya akan membuat kangen orang yang meminumnya.

Banyak yang mengatakan bahwa kopi merupakan minuman yang dapat membuat anda lebih tenang pikirannya. Dan juga tentunya tidak membuat mengantuk, obat ngantuk lebih tepatnya. 

Apakah semua itu benar ? Apakah kopi bermanfaat untuk kita ? Atau malah sebaliknya ?

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan


1. Mengurangi Resiko Diabetes 

Beberapa peneliti di Australia pada 2009 telah melakukan penelitian bahwa kopi dapat mengobati diabetes.  Penelitian ini sudah dimasukkan dalah jurnal Archives of Internal Medicine yang mana menyatakan bawah setiap tambahan 1 cangkir kopi memberikan manfaat dalam mengurangi resiko Diabetes sampai 7 persen. 

Kandungan klorogenik dan alkaloid trigonelin di kopi juga dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin dalam tubuh manusia loh. 


2. Mencegah Depresi dan Menurunkan Stres

Penelitian tentang kopi ini terus berlanjut. Di Harvad School of Public Health mengatakan bahwa orang yang minum kopi 3 cangkir dalam waktu sehari maka mengalami resiko depresi lebih rendah 15 persen. 

Kopi memiliki kandungan kafein yang mana dapat membantu meredakan sakit kepala. Dan juga memiliki manfaat menurunkan tingkat stres. 


Efek Samping Minum Kopi

1. Insomnia

Insomnia merupakan gejala seseorang kesulitan untuk tidur. Hal ini merupakan yang mengganggu karena lama kelamaan akan membuat kepala sakit. Kopi kadangkala menjadi penyebab terjadinya Insomnia ini. Maka dari itu bagi penyuka kopi harap berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi. 


2. Gangguan Pencernaan

Jika anda sebelumnya memiliki gangguan pencernaan sebelumnya maka sebaiknya jangan minum kopi. Karena banyak dokter mengatakan hal ini. Jika memang sudah sembuh boleh saja minum kopi. Namun tetap berhati-hati selalu, karena khawatir gangguan pencernaan Anda kambuh. 

Itulah manfaat dan juga efek samping dari kopi. Bagaimana menurut Anda ? Sudah ngopi apa belum ? Seruput dulu kopi ya ...