Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Positif Untuk Kamu Yang Baru Lulus Sekolah atau Kuliah

Kegiatan Positif Untuk Kamu Yang Baru Lulus Sekolah atau Kuliah - Setelah lulus sekolah atau kuliah mungkin bagi sebagian orang akan merasakan lega atau plong. Namun mungkin suatu saat masa sekolah atau kuliah akan kalian rindukan. Entah itu rindu suasana belajar, rindu suasa kampus atau bahkan rindu mantan. 

Ketika sudah hampir lulus tentu akan berfikir kira-kira kemana selanjutnya akan melangkah ? Yang sudah lulus sekolah enaknya kuliah atau bekerja ? Yang sudah lulus kuliah bagaimana selanjutnya ? Kemana melangkahkan kaki ? 

Tidak bingung berlebihan. Di bawah ini ada beberapa tips atau aktifitas yang dapat kalian lakukan ketika sudah lulus studi, baik jenjang SMA atau kuliah. Dan tentunya aktiftasnya positif. 



Bekerja Sesuai Skill atau Kemampuan

Banyak ketika menempuh pendidikan di tingkat SMA sudah memiliki keahlian. Apalagi yang SMK sudah tentu memiliki keahlian. Zaman sekarang siswa lulusan SMA paling tidak memiliki kemampuan microsoft office karena sekolah sudah ada pembelajaran.

Bagi yang sudah lulus kuliah bisa menggunakan ijazah yang diperoleh untuk melamar pekerjaan. Kalian juga bisa menambahkan sertifikat atau piagam penghargaan agar mudah diterima kerja. 

Jika ada ide bisnis atau usaha bisa juga kalian membuka usaha. Tentu lebih keren bukan ?


Kerja Magang

Banyak perusahaan besar yang membuka lowongan kerja magang ini loh. Biasanya waktunya terbatas. Misalnya 3 bulan. Dan tentunya mendapatkan gaji. Walau tidak terlalu besar gajinya namun yang paling penting adalah pengalaman kerjanya. Biasanya juga kalian akan mendapatkan sertifikat magang. Sertifikat ini bisa digunakan tambahan untuk melamar pekerjaan. Dan yang paling beruntung lagi apabila kalian direkrut dimana kalian magang kerja.


Ikut Kursus Untuk Menambah Kemampuan

Jika merasa ilmu atau skil masih pas-pasan coba saja ikut kursus. Bisa kursus bahasa, kursus komputer, las dan sebagainya. Di tempat Balai Latihan Kerja di setiap daerah biasanya mengadakan kursus gratis loh. Dapat ilmu gratis kenapa tidak. Coba saja kalian cek BLK atau Balai Latihan Kerja di sekitar tempat tinggal kalian. 


Membantu Aktifitas Di Rumah

Daripada sibuk kemana lebh baik bantu aktiftas di rumah. Misalnya beres-beres rumah. Menyapu, memasak dan sebagainya. Tentu hal ini tidak sia-sia daripada tidur tanpa tujan yang jelas.


Menikah

Siapa tahu ketika menempuh pendidikan kalian sudah memiliki pujaan hati. Mungkin saatnya bagi kalian untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu menikah. 



Nah itulah beberapa kegiatan positif yang dapat kamu lakukan setelah selesai studi. Sekian dan semoga bermanfaat.