Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daerah Produsen Telur Terbesar di Indonesia : Kediri dan Blitar

Daerah Produsen Telur Terbesar di Indonesia : Kediri dan Blitar - Kediri dan Blitar merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur di bagian tengah. Daerah yang tergolong dataran tinggi ini menyimpan banyak keunggulan. Salah satunya yaitu pengasil telur. 


Daerah yang tinggi biasanya cocok untuk bertani. Tetapi di Kediri dan Blitar berbeda. Masyarakat Kediri dan Blitar salah satu mata pencaharian terbesarnya adalah beternak. Beternak Ayam Petelur lebih tepatnya. Tapi ada juga yang beternak ayam pedaging. 

Daerah Produsen Telur Terbesar di Indonesia : Kediri dan Blitar



Daerah plat AG ini memang dikenal oleh masyarakat sebagai penghasil telur. Coba saja cek di daerah Anda, kebanyakan suplier utama mereka berasal dari Blitar dan Kediri. 


Hal ini pernah saya tanyakan kepada penjual telur di Surabaya. Sebetulnya hanya iseng saja. Ternyata benar, mereka membeli telur langsung dari Peternak di Blitar dengan harga murah. Maka dari itu telur yang mereka jual dengan harga murah daripada toko biasa. 


Harga Murah. Inilah alasan mengapa banyak orang berburu telur ke Kediri dan Blitar. Disana memang rajanya telur. Harga telur bersaing sehingga membuat harga telur disana relatif murah daripada daerah lain. 


Kalau daerah lain misalnya harganya 20.000 perkilo tapi kalau di Blitar dan Kediri lebih murah, harganya 18500 atau tergantung dari perternak itu sendiri atau berdasarkan harga komunitas. 


Di daerah Blitar dan Kediri 1 rumah memiliki 2000 ekor ayam petelur di anggap sedikit :D padahal kalau daerah lain itu sudah cukup banyak loh. Apalagi saya pernah dengar ada yang memiliki sampai ratusan ribu ekor ayam. Kalau panin telur sampai membawa truk. Karena jumlahnya memang banyak. 


Teman saya pernah menyampaikan demikian, bahwa memiliki dan merawat ayam yang jumlahnya 2000 ekor itu merupakan hal yang mudah. Bagi mereka memang demikian. Di belakang rumah mereka biasanya ada kandang ayam yang dengan mudahnya mereka merawat ayam yang katanya sedikit tersebut. 


Daerah lain apakah tidak menghasilkan telur ? Ada dan banyak tapi tidak sebanyak di daerah Kediri dan Blitar. Jika Anda punya waktu anda bisa jalan-jalan ke daerah Kediri dan Blitar untuk mengetahui tentang peternakan Ayam disana.