Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Alasan Mengapa Menjadi PNS Banyak Diminati Masyarakat

9 Alasan Mengapa Menjadi PNS Banyak Diminati Masyarakat - Menjadi PNS saat ini memang profesi yang diminati. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini memang tidaklah mudah. Masuknya sulit, ada yang harus test berkali-kali dan ada juga yang harus membayar puluhan bahkan ratusan juta agar bisa mendapatkan gelar PNS, abdi negara yang bisa dibanggakan.

Selain kebanggaan, kira-kira apa saja alasan masyarakat menyukai profesi PNS ini ? Berikut ini 9 Alasan Mengapa Menjadi PNS Banyak Diminati Masyarakat.

9 Alasan Mengapa Menjadi PNS Banyak Diminati Masyarakat



1. Jam Kerja Santai

Coba sekali-kali masuk kantor pemerintahan. Apakah mereka super sibuk ? Tidak, kadang ada yang baca koran dengan santai, ada juga yang ngopi diluar kantor atau di warung kopi. Tapi walaupun begitu gaji tetap, tanpa di potong. Masuk jam 7 pulangnya mengikuti aturan kantor, biasanya lebih awal daripada kerja dikantor swasta. Adakah yang lembur kerja ? Seperti jarang sekali yang lembur. Toh mereka tidak ada deadline kerja tertentu.

2. Masa Tua Menjanjikan

Walaupun sudah pensiun para PNS tetap digaji. Dan surat  pensiun ini berharga. Kebetulan punya teman yang kerja di Bank, dan dia "memburuh" surat pensiun ini. Alias dijadikan nasabah dengan jaminan surat pensiun PNS ini.

3. Tunjangan Menjadi Incaran

Banyak sekali tunjangan PNS ini. Ada tunjangan fungsional, tunjangan anak istri dan lainnya. Hal inilah yang membuat orang menggebu-gebu ingin jadi PNS.

3. Bebas PHK

Jika buruh atau karyawan swasta khawatir terkena PHK maka PNS tak perlu risau akan hal ini. Mereka antri PHK dan sodaranya. Enak bukan ? 

4. Kredit dan Pinjam Di Bank Lebih Mudah

Setelah menjadi PNS maka ada surat keterangan bahwa mereka benar-benar PNS. Surat ini tidak hanya sebagai keterangan status mereka tapi juga dapat dijadikan jaminan hutang di Bank. Dan kebanyakan mereka di ACC pihak bank karena surat ini benar-benar bisa dijadikan jaminan.

5. Gaji Naik Bertahap

Gaji memang tidak terlalu wow tapi tahap demi tahap gaji mereka akan dinaikkan. Sesuai dengan tingkatan. Naik tingkat atau golongan ini juga berdasarkan waktu atau masa kerja dan kinerja mereka.

6. Kerja Tanpa Deadline

Hari kerja aktif PNS Senin-Jumat dan jam kerja pasti. Tidak ada yang namanya shif malam dan sebagainya. Kerja santai waktu kerja juga santai. 

7. Libur Tetap Digaji

Karyawan mana yang tanpa kerja tetap di gaji? PNS merupakan abdi negara yang walaupun apabila tidak bisa masuk kerja karena halangan akan tetap digaji. Beda dengan buruh, kalau tidak masuk kerja biasanya ada potongan gaji.

8. Fasilitas Tempat Tinggal dan Kendaraan

Jangan salah, pagi yang sudah cukup lama menjadi PNS biasa mendapatkan fasilitas kerja. Baik itu kendaraan, ataupun tempat tinggal. Hal ini tujuan agar membantu kinerja mereka agar lebih optimal. Itu alasan mereka sih, benar atau tidak ya kurang tahu 😅

9. Menantu Idaman

Benar adanya. 90% mereka yang statusnya PNS mudah diterima jadi menantu. Kerena kan ? Jadi kalau kamu pengen jadi menantu idaman jadilah PNS. 😁😅 


Memang menggiurkan sekali menjadi PNS tapi tidak semudah yang dibayangkan untuk bisa jadi PNS. Harus melalui banyak test. 

Adapula yang sejak kecil di doktrin untuk sekolah serba negeri dan nantinya mudah menjadi PNS. Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi harus negeri. Dan cita-citanya dan keluarga adalah pegawai negeri sipil. Kalau tidak menjadi PNS bagaimana ? Mereka kadang melakukan jalan pintas, misalnya membayar agar bisa dijadikan PNS. Kalau bayar ratusan ribu mungkin bisa dimaklumi, tapi kalau sampai ratusan juga bagaimana?😁