Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Benar Ngiler Saat Tidur Dikarenakan Kecapekan ?

Apakah Benar Ngiler Saat Tidur Dikarenakan Kecapekan ? Bangun tidur ternyata bantal basah. Pernahkah demikian ? Atau setiap hari ? Hehehe


Penyebab ngiler ketika tidur


Ngiler merupakan hal yang sering kita jumpai dalam keseharian kita. Mengapa kita bisa ngiler ketika tidur ? Apakah itu normal ? Apakah ngiler itu penyakit ?


Dalam bahasa kedokteran Sialllorrhea merupakan bahasa lain dari ngiler. Ketika manusia tidur fungsi tubuh diistirahatkan. Semua organ akan istirahat kecuali 3 yaitu jantung, paru-paru dan juga otak. 3 organ ini merupakan orang utama yang sangat penting. 


Ketika kita tidur inilah otak manusia tetap memerintahkan mulut agar tetap memproduksi cairan air liur atau saliva. Cairan ini diperlukan untuk lubrikasi mulut,sehingga mulut kita tidak kering.


Cairan ini diperlukan untuk lubrikasi mulut,sehingga mulut kita tidak kering.


Ketika tidur ini semua otot akan melemah termasuk otot mulut untuk menelan ludah. Akibatnya air liur akan banyak mengendap di dalam mulut. Mirip dengan tanggul buatan manusia, jika lemah akan ambrol dan bisa menyebabkan banjir.


Di saat ketika tidur dengan posisi miring atau telungkup inilah yang mudah menyebabkan banjir di mulut atau biasa disebut ngiler ini. Mengapa mulut mudah terbuka ketika tidur? Karena pada tidur otot mulut juga melemah seperti yang sudah dijelaskan di atas.


Jadi kondisi ketika seseorang ngiler ketika tidur adalah wajar. Lalu apakah ngiler menjadi tanda suatu penyakit ? Belum tentu, selama orang sehat ngiler merupakan hal wajar. 


Agar tidak mudah ngiler usahakan ketika tidur tetap posisi terlentang agar cairan air liur tidak keluar dan menyebabkan banjir di bantal.