Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Kuliah Itu Penting ?

Apakah Kuliah Itu Penting  Jika ada yang menanyakan demikian apa kira-kira jawaban kamu ? Dan mengapa alasannya ?

Jawaban setiap orang tentu akan berbeda-beda. Tergantung bagaimana cara memandang kuliah itu sendiri. Penting atau tidak bisa kita kembalikan kepada diri kita masing-masing. Tidak perlu memaksa pemikiran kita agar diterima. Tidak perlu beradu pendapat tentang hal itu.

Apakah Kuliah Itu Penting



Penting atau tidak sebuah pendidikan di kampus atau kuliah tentu memiliki dasar.


Kuliah Penting Jika :

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan dan Pengalaman. Pada dasarnya tujuan daripada pendidikan adalah menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman.  Apalagi di dunia kampus tentu kita bisa memperoleh lebih. Kampus biasanya memiliki perpustakaan yang lebih baik daripada sekolah, pengajar pun demikian. Dunia kampus tempat untuk menimbah ilmu yang sebanyak-banyaknya. 
  • Menambah Teman atau Jaringan. Dunia kampus itu luas, berbeda dengan sekolah. Kita akan menemukan berbagai teman yang memiliki sifat yang berbeda-beda. Beda adat, beda cara bicara dan lainnya. Di saat inilah kita akanbelajar mengenal budaya atau adat orang lain. Dan semakin banyak akan semakin menambah lingkaran pertemanan kita. 
  • Ijazah Sebagai Bukti Tertulis. Sebagai bukti seseorang pernah kuliah bisa dibuktikan dengan ijazah. Hal ini merupakan hal penting. Dalam dunia kerja ijazah itu penting dan tentu dibarengi dengan kemampuan atau skill. Ijazah tanpa skill atau pengetahuan adalah yang kurang. 



Kuliah Tidak Penting Jika

  • Kuliah Tidak Memiliki Tujuan, Hanya Ikut Arus. "Kuliah ambil jurusan apa? Ikut teman saja" Semoga tidak ada yang demikian. Kuliah jangan dibuat main-main. Karena jika tujuan awal benar maka selanjutnya insyaAllah akan benar. Pelajari jurusan apa yang akan diambil. Jangan sampai salah jurusan. Dan ketika sampai di tengah kuliah mengatakan salah jurusan. 
  • Lebih Asyik Nongkrong Daripada Belajar. Suntuk belajar dan mencari hiburan sah saja. Tapi tanpa berlebihan. Sampai lupa awal mula belajar. Kurang fokus belajar karena kebanyakan nongkrong di cafe. Jangan sia-siakan waktu karena tidak akan kembali. Bukan komputer yang bisa di undo seperti awal. 


Tidak semua anak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan di bangku kuliah. Ada banyak sekali anak yang ingin kuliah namun apa daya waktu dan biaya kadang menghambat. Namun hal itu tidak menghambat untuk sukses. Jika memang sudah berusaha untuk kuliah namun tidak tercapai tetap semangat, pasti ada jalan untuk menuju kesuksesan. 

Begitu juga bagi yang kuliah. Jangan disia-siakan. Waktu, biaya, fasilitas kampus dan sebagainya jadikan sebagai media menambah wawasan dan pengalaman.