Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Online VS Sekolah Offline, Manakah Yang Efektif Untuk Dunia Pendidikan

Sekolah Online VS Sekolah Offline, Manakah Yang Efektif Untuk Dunia Pendidikan - Dunia pendidikan saat ini memang sedang berjuang keras. Berjuang agar antara guru dan murid tetap bisa melaksanakan pendidikan atau proses belajar mengajar.


Situasi dan kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung membuat para guru dan para pejabat negara memberikan solusi. KBM online.

Sekolah Online VS Sekolah Offline, Manakah Yang Efektif Untuk Dunia Pendidikan



Pendidikan Metode Online

Aman dan Nyaman

Dengan metode pembelajaran online maka kita bisa mengatur sedemikian rupa. Kita bisa belajar di tempat yang menurut kita asyik. Dan tentunya nyaman.

Tentu saja aman karena anak-anak yang belajar tanpa harus keluar rumah. Cukup duduk dan belajar dengan bantuan 'gadget' yang dimiliki


Butuh Konsentrasi dan Fokus

Kita harus jujur bahwa belajar dengan metode online untuk fokus merupakan hal yang sulit. Hal ini karena gadget atau peralatan yang digunakan memungkinan untuk melakukan hal seperti bermain game, browsing atau sekedar foto-foto. Maka dari itulah menjaga anak agar tetap konsentrasi merupakan sebuah tantangan tersendiri. 


Fasilitas Tergantung Pribadi Masing-masing

Tidak mudah memang melakukan pembelajaran online. Orang tua harus menyediakan peralatan yang kadang merogoh kantong lebih dalam. 

Karena penghasilan orang berbeda-beda. Bagi mereka yang berkecukupan tentu saja mudah mendapatkan gadget. Tapi bagaimana dengan mereka masyarakat yang mana harus bersusah payah agar anaknya tetap bisa sekolah dengan gadget yang memadai.


Biaya Komunikasi

Jika seorang anak berangkat ke sekolah maka belajar di rumah pun ada uang saku yang berupa koneksi internet.  Penggunaan internet ini memang tidaklah gratis. Ya walaupun ada operator-operator seluler yang memberikan diskon kepada para pelajar tetap saja harus membayar. 



Pendidikan Metode Offline

Komunikasi Antar Teman dan Guru Lebih Nyaman

Mungkin para pelajar atau mahasiswa saat ini sedang rindu belajar dengan tatap muka. Dengan belajar tatap muka langsung membuat belajar lebih nyaman. Guru bisa memperhatikan muridnya secara langsung dan perkembangan belajarnya lebih efektif


Fokus Dalam Belajar

Di dalam ruangan yang nyaman akan membuat siswa lebih tenang dalam belajar. Siswa dan guru lebih inten dengan tugasnya masing-masing. Siswa lebih fokus belajar, Guru pun nyaman menjelasnya tanpa harus bingung memikirnya sinyal internet. 


Orang Tua Tidak Perlu Ribet

Banyak orang tua belajar lagi karena diminta oleh anak mengerjakan tugas dari gurunya. Hal ini kadang membuat orang tua kerepotan. Kadang orang tua harus mencari nafkah, namun apa daya jika dimintai oleh anaknya mengerjakan tugas sekolah mereka.