Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Studi Langkah Ini Hanya Ada di Kampus Indonesia, Keren !!!

Program Studi Langkah Ini Hanya Ada di Kampus Indonesia, Keren !!! - Ada yang bingung mau kuliah ambil jurusan apa ? 


Mau pilih program studi A, tapi juga ingin kuliah jurusan B. Siswa setelah lulus memang kadang dihadapkan dengan pilihan yang sulit. 


Biasanya ada pilihan kuliah atau kerja. Kalaupun kerja, kerja dimana ? Kalau pun kuliah dimana ? Dan jurusan apa ? Atau mondok di Pondok Pesantren saja ?


Jika bingung pilihlah yang terbaik menurut kamu. Dan tentunya harus ke depan. Apakah pilihan yang dipilih tersebut bisa bermanfaat di masa depan ?


Berbicara masalah kuliah. Ada jurusan unik yang hanya ada di Indonesia yang mana mungkin saja kami tertarik dengan program studi ini. Kira-kira apa saja program studi yang mana hanya ada di Indonesia ini ?

Program Studi Langkah Ini Hanya Ada di Kampus Indonesia, Keren !!!

Program Studi Langkah Ini Hanya Ada di Kampus Indonesia, Keren !!!



1. Ilmu Keluarga dan Konsumen 

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen merupakan 1 dari 5 program studi yang unik yang hanya ada di Indonesia. 


Program studi ini ada di IPB, Institut Pertanian Bogor. Pada program studi ini nantinya mahasiswa akan belajar tentang bagaimana meningkatkan ketahanan keluarga dan konsumen, kualitas perlindungan anak dan konsumen dan lainnya. 


Cukup menarik dan tentu membuat penasaran karena jurusan ini langkah sekali.




2. Seni Pedalangan

Program Studi unik lainnya yakni Seni Pedalangan. Kampus yang membuka jurusan ini yaitu ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia).


Di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang pertunjukan wayang. Materi yang akan di sampaikan yaitu mengenai cara menjadi dalang, membuat alur cerita dalam pementasan wayang, sejarag pedalangan, filosofi pedalangan, dan lainnya. Keren dan unik kan ? 



3. Sastra Jawa

Sastra Jawa merupkan program studi yang hanya di Indonesia. Namun untuk kampus yang memiliki program studi ini terbilang lumayan. Ada 3 kampus besar yang memiliki program studi ini yakni UGM Jogjakarta, UNS Semarang, dan juga UI.


Di dalam program studi ini mahasiswa akan mendapatkan pengajaran tentang karya sastra jawa, linguistik dan juga kebudayaan Jawa yang lebih mendalam.



4. Teknologi Batik

Program studi ini cenderung ke dalam kesenian dan  teknologi, program studi Teknologi Batik. Di tahun 2011 Universitas Pekalongan sudah ada program studi ini. 


Dengan adanya program studi diharapkan dapat mencetak generasi penerus yang memiliki ketrampilan mengenai ketrampilan dalam industri batik. 


Di dalam program studi ini tidak hanya diajarkan dalam teknologi membatik tapi juga diajarkan tentang sejarah batik, filosofi batik dan juga produksi batik itu sendiri. 



5. Seni Karawitan

Program Studi Seni Karawitan merupakan salah program studi yang unik. Untuk saat ini program studi ini hanya ada di Denpasar Bali dan juga Surakarta. 


Ketika menjadi mahasiswa program studi seni karawitan ini mahasiswa akan belajar tentang seni musik tradisional seperti gamelan, kecapi, seruling dan juga lainnya. Serta para mahasiswa juga akan belajar tentang vokal, aransemen musik tradisional dan termasuk di dalamnya nyinden.