Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Pompa : Salah Satu Penyelamat Banjir Di Surabaya

Rumah Pompa : Salah Satu Penyelamat Banjir Di Surabaya - Sebagai negara yang memiliki iklim tropis maka otomatis Indonesia mengalami 2 musim yakni musim kemarau dan musim penghujan.

 

Apabila musim penghujan tiba maka ada beberapa daerah yang kadang menjadi langganan banjir. Bukan hanya daerah terpencil. Kadang kota pun bisa banjir, malah cukup sering terjadi banjir di kota. 



Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Dan tentunya berpontensi mengalami banir apabila tidak di atur dengan baik. 



Namun untuk saat warga Surabaya merasa aman karena adanya Rumah Pompa. RUMAH POMPA ? Apa itu ?



Rumah Pompa Surabaya merupakan tempat mengontrol arus air sungai yang mana letak rumah pompa ini di lokasi yang strategis. Di dalam rumah pompa ini ada mesin-mesin yang mana menyedot air dan tujuan akhirnya adalah dialirkan ke laut sehingga tidak terjadi banjir. 

 

Untuk pompa nya ukuranya besar, bukan seperti pompa rumahan tentunya. Dengan adanya rumah pompa ini maka diharapkan tidak terjadi pengendapan air atau banjir karena air langsung diarahkan di laut. 

 

Untuk titik yang ada rumah pompa ini sangat banyak, tentu berada di tempat yang strategis. Rumah pompa ini ada yang menjaga. Ada pegawai yang stand by selalu apabila ada hujan maka mesin akan dinyalakan. 

 

Dan perlu diketahui bahwa air yang melewati Rumah Pompa akan otomatis disaring terlebih dahulu sebelum dialirkan ke laut. Jadi airnya bebas dari sampah. Ada petugas khusus yang memilah sampah ketika hujan datang. 

 

Bahkan sebelum hujan para petugas yang memilah sampah ini sudah ada. Mereka sudah siap dengan peralatan mereka. Baik siang maupun malam. salut untuk mereka yang bekerja dengan semangat.

Manfaat lain dari adanya rumah pompa adalah dapat mengontrol air rob dari laut.  Air rob yang pasang biasanya akan menambah debit air, namun dengan adanya kontrol dari rumah pompa ini maka tidak sampai terlalu masuk ke dalam kota Surabaya.

 

Untuk gambar rumah pompa seperti di bawah ini. 

 

Rumah Pompa : Salah Satu Penyelamat Banjir Di Surabaya
Sampah akan tidak akan ikut masuk ke dalam pompa dan di saring dan dibuang ke tempat pembungan

Rumah Pompa : Salah Satu Penyelamat Banjir Di Surabaya
Salah satu rumah pompa yang digunakan untuk mengalirkan air ketika hujan sehingga tidak terjadi banjir

Rumah Pompa : Salah Satu Penyelamat Banjir Di Surabaya
Foto salah satu rumah pompa apabila dilihat dari kejauhan.