Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tirta Gangga : Wisata Istana Air Kebanggaan Kerajaan Karangasem di Bali Timur

Tirta Gangga : Wisata Istana Air Kebanggaan Kerajaan Karangasem di Bali Timur - Seperti yang kita tahu bahwa Pulau Bali merupakan pulau yang memiliki banyak tempat wisata.

Ketika mendengar Bali tentu akan langsung terbesit di pikiran kita tentang banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Mulai dari pantai kuta, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Pandawa dan lainnya.

Yang menarik dari Bali adalah kelestarian budaya dan alam yang tetap terjaga. Salut untuk masyarakat Bali yang senantiasa menjaga kelestarian alamnya.

Berbicara tentang wisata di pulau Dewata maka kita menemukan berbagai jenis wisata yang layak untuk kita kunjungi. Salah satunya adalah Tirta Gangga.

Jika kamu belum pernah mendengar destinasi wisata ini maka tidak heran. Karena memang wisata ini lokasinya cukup jauh dari Denpasar. Terletak di sebelah timur pulau Bali. Tepatnya di Kabupaten Karangasem.

Tirta Gangga : Wisata Istana Air Kebanggaan Kerajaan Karangasem di Bali Timur

Untuk kesana butuh waktu sekitar 2.5 jam dari Denpasar. Ya lumayan jauh, tapi setelah sampai disana rasa lelah perjalanan kamu akan terbayar. Tenang saja, disana juga ada Hotel, Restoran dan juga banyak ATM kok.

Jika mendengar kata Gangga, biasanya akan teringat sungai yang ada di India. Pemberian nama Tirta Gangga merupakan bentuk penghormatan masyarakat Hindu Bali. Seperti yang kita ketahui bahwa Sungai Gangga merupakan salah satu yang disucikan. Sedangkan arti kata Tirta adalah air. 

Tirta Gangga : Wisata Istana Air Kebanggaan Kerajaan Karangasem di Bali Timur

 

Awalnya Tirta Gangga merupakan istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasen Agung. Tirta Gangga dibangun sekitar tahun 1946 yang mana dibangun dengan arsitektur khas Bali dan China.

Air di Tirta Gangga ini sangatlah jernih. Ikan-ikan di kolamnya sangatlah banyak. Di tambah dengan suasana yang tenang dan sejuk membuat pengunjung betah. 

Air yang ada di Tirta Gangga ini asalnya dari sumber mata air Rejasa yang mana mengalir ke Kota Amlapura. Masyarakat sekitar menganggap sumber mata air ini suci dan sakral, sehingga sering digunakan sebagai sarana upacara keagamaan.

 

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga 

Tirta Gangga : Wisata Istana Air Kebanggaan Kerajaan Karangasem di Bali Timur

Untuk dapat masuk ke area Tirta Gangga ini kamu tidak perlu bingung soalnya biayanya. Karena cukup dengan harga 10.000 sampai 25.000. Harga tiket masuk ini merupakan kisaran saja karena memang kadang berubah sesuai dengan situasi dan kondisi.