Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ?

Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ? - Samsung merupakan salah brand HP di Indonesia yang pernah merajai setelah tumbangnya Nokia dari raja pasar HP di Indonesia.

Kehadiran Samsung sebagai HP yang banyak dimiliki adalah pihak Samsung memilih menggunakan sistem operasi Android sebagai OS andalan mereka.

Namun sayangnya Samsung tidak bertahan terus menjadi raja smartphone di Indonesia. Ada Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan lainnya yang terus bersaing memikat user Indonesia.

Namun sebelum muncul brand-brand seperti sekarang Samsung lebih banyak diminati karena harganya cukup murah dan tentunya menjadi yang pertama pada waktu itu.

Beberapa Smartphone Samsung yang dulu hadir pun banyak diminati. Tahun 2016 ke bawah ada beberapa smartphone yang banyak diminati karena tergolong murah. 

Samsung Galaxy Y

Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ?

 

Di tahun 2011, Samsung Indonesia memproduksi smartphone Android low end. Spesifikasinya sangat rendah yaitu memori internalnya yang hanya 180 MB, sangat kecil sekali. Dengan RAM sebesar 290 MB.

Layarnya pun berukuran kecil, Galaxy Y ini sudah mendukung jaringan 3G. HP ini cukup populer karena merupakan HP Android yang pertama, karena sebelumnya ada Blackberry yang cukup diminati.

Samsung Galaxy Young

Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ?

Mungkin ada dari pembaca yang pernah memiliki Smartphone ini. Galaxy Young ini berbeda dengan Galaxy Y, spesifikasinya lebih tinggi dan dirilis pada 2013.


Walaupun spesifikasinya lebih tinggi namun tetap saja lebih rendah dari standar smartphone low end di tahun tersebut. Galaxy Young masih menggunakan Snapdragon S1 dan RAM yang hanya 768 MB adalah salah satu alasannya.

Galaxy Young ini lumayan laku berkat nama besar Samsung. Padatahun itu smartphone murah berkualitas seperti Xiaomi belum terlihat tajinya.


Samsung Galaxy Star

Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ?

 

Pada tahun 2013 yang sudah akhir era 3G tetapi Samsung masih mengeluarkan produk smartphone dengan jaringan EDGE alias masih 2G. Galaxy Star keluaran samsung ini berbentuk mungil, RAM 512 MB, namun internalnya sudah 4GB. 

Tidak ada kamera depan dan kamera belakang hanya 2MP dan dibanderol dengan harga di bawah satu jutaan. Pada saat yang sama rentang harganya sama dengan Smartfren Andromax C yang spesifikasinya berada di atas Samsung Galaxy Star. Smartfren Andromax C merupakan smartphone yang legend. Smartphone ini bisa kita oprek, custom rom dan lainnya. Keren pokoknya.



Samsung Galaxy Chat 

 
Deretan Android Samsung Jadul, Mana Yang Pernah Kamu Miliki ?

HP Galaxy Chat merupakan HP yang desainnya mirip dengan Blackberry. Yakni adanya tombol qwerty fisik dan memadukannya dengan layar sentuh. 

Tahun 2013 masih cukup banyak yang menggunakan Blackberry. Dan harga Blackberry waktu itu cukup mahal. Dan hadirlah Samsung Galaxy Chat sebagai saiang Blackberry.

Samsung Galaxy Chat memiliki lebar layar 3,5 inchi, menggunakan Android 4.1 Jelly Bean, RAM 512 MB, dan memori internal 4GB. Walaupun speknya terbilang rendah, namun HP ini dulu diminati oleh anak muda karena bentuknya yang mirip Blackberry. Saya pun pernah memiliki HP ini. Baterainya awet banget.


Bagaimana, apakah masih ingat ? Kamu pernah menggunakan smartphone yang mana ?