Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teka Teki Silang, Permainan Sejuta Umat Yang Mengasah Otak

Teka Teki Silang, Permainan Sejuta Umat Yang Mengasah Otak - Teka-teki Silang merupakan sebuah dipermainan populer di zamannya. Permainan ini dapat kita jumpai di koran atau juga akhir dari sebuah majalah. Bahkan ada buku khusus teka-teki silang.

Teka-teki Silang atau TTS memang permainan menyenangkan dan dapat melatih otak untuk berpikir dalam menjawab soal yang ada. Apabila semakin banyak dijawab maka semakin banyak huruf bantuan yang ada untuk soal berikutnya. 

TTS atau Teka-Teki Silang merupakan permainan tebak kata yang ada dalam serangkaian jumlah kotak hitam putih. Dan setiap rangkaian kotak harus diisi oleh kata dengan cara menjawab soal yang berisi petunjuk atau clue yg pendek dan unik. Kotak ini terbagi dalam dua jenis yaitu mendatar dan menurun. Dan setiap soal diberikan nomor sehingga seringkali dalam satu nomor ada dua jenis, contohnya nomor 4 mendatar 4 menurun.

Sejarah Teka Teki Silang

Teka Teki Silang, Permainan Sejuta Umat Yang Mengasah Otak

 

Sejarah asal mula TTS bermula di Italia pada 1890. Seorang koresponden kota bernama Giuseppe Arnoldi merancang permainan kata dengan bentuk vertikal dan horisontal tetapi tanpa kotak hitam dan berjumlah empat kotak. 

Lalu 20 tahun kemudian TTS dengan format yang kita kenal sekarang ini mulai diperkenalkan oleh seorang jurnalis asal Liverpool bernama Arthur Wayne. Dan dialah yang kini tercatat sebagai penemu TTS alias bapak TTS dunia. 

Pada tahun 1920, berbagai surat kabar negara Amerika Serikat, seperti The Boston Globe dan jugaThe Pittsburgh Press (1916) mengadopsi format TTS yang dirancang oleh Wayne tersebut. Kemudian pemerintah setempat menetapkan tanggal 21 Desember menjadi hari TTS sedunia.

Perkembangan dan Sejarah TTS di Indonesia

TTS mulai populer di Indonesia di tahun 1970an dengan dimuat di berbagai koran dan majalah. TTS yang terkenal di Indonesia adalah yang muncul dalam harian Kompas.

TTS yang ada di koran atau majalah di Indonesia biasanya akan memberikan hadiah kepada para pembacanya. Para pembaca koran atau majalah harus menjawab semua soal dan mengirimkannya ke alamat redaksi. Apabila beruntung akan mendapatkan hadiah baik itu uang tunai atau hadiah lainnya. 

Di Indonesia juga terdapat majalah khusus TTS mulai dari yang desainnya keren sampai buku TTS tipis dengan kertas buram yang covernya biasanya wanita cantik dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau di pasar tradisional atau juga toko buku.

Namun saat ini permainan asah otak ini sudah jarang kita temui. Tapi sekarang zaman surah berubah, sekarang sudah ada TTS versi digital yang ada di playstore yang dapat kita unduh kapanpun dan juga dapat kita mainkan dimana saja.