Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital - TV Digital merupakan perangkat TV yang dapat menangkap siaran sinyal digital dalam bentuk bit data informasi, mirip dengan yang disajikan di Streaming Youtube atau sejenisnya.

Tahun 2022 ini pemerintah Indonesia secara bertahap menutup TV analog dan beralih ke TV Digital. Hal ini karena TV analog dianggap boros frekuensi. 

Indonesia sendiri termasuk negara yang tertinggal dalam hal peralihan dari TV analog ke TV digital ini. Negara lain sudah beberapa tahun yang lalu beralih.

TV Digital ini hanya memiliki 2 mode tampilan, yakni bisa ditampilkan, dan tidak bisa ditampilkan. Pada saat sinyal yang ditangkap tidak terlalu baik, maka gambar tidak akan ditampilkan atau hilang gambar dan suaranya. Tetapi ketika sinyal dapat ditangkap dengan baik, maka gambar yang jernih dan suara yang jelas akan tampil.

Pertanyaannya apakah masyakarat sudah paham tentang TV Digital ini ? Mari kita bahas tentang TV Digital ini. 

Dalam artikel ini, kita akan buat F.A.Q (Frequently Asked Questions)

 

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital

 

Apakah harus ganti perangkat TV agar bisa menjadi digital ?

Tidak Perlu. Semua TV bisa menjadi TV Digital, walau itu TV tabung yang jadul

 

Apakah TV Digital itu TV Android ?

TV Android bisa menjadi digital, tapi TV digital bukan TV Android. Paham ya kira-kira? Bisa diulangi kalimat tersebut. 😁 Android merupakan sistem operasi yang dapat digunakan berbagai hal, termasuk digunakan untuk Smart TV Android.

 

Bagaimana cara menjadikan TV biasa menjadi TV Digital ?

Cukup membeli perangkat yang bernama SET TOP BOX atau biasa disingkat STB. Perangkat ini akan merubah TV biasa menjadi TV Digital. 


Berapa Harga STB ? 

Harga STB bermacam-macam, saat ini harganya mulai 150rb sampai 300rb. Tergantung merek dan spesifikasi yang ditawarkan.

 

Apakah perlu antena tambahan ?

Tidak perlu, cukup antena lama saja dapat digunakan untuk TV Digital.

 

Apakah ada tambahan perangkat lain ?

Ada. Perangkat ini bernama booster TV Digital. Fungsinya untuk memperkuat sinyal agar stabil dan kuat.

 

Apakah daerah saya bisa menerima sinyal TV Digital ?

Bisa di cek menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital, download di Playstore atau AppStore.

 

 

Kelemahan dari TV Digital ini mirip dengan sinyal HP. Jika sinyal baik atau bagus maka hasilnya TV akan bening, gambar tajam, suara pun jelas. Tetapi apabila sinyal kurang stabil maka akibatnya TV tidak muncul gambar sama sekali dan ada notifikasi kalau sinyal tidak ada. 

Sinyal lemah saat ini masih menjadi permasalahan di daerah yang jauh dari transmiter atau pemancar sinyal. Namun semoga ke depan akan ada banyak pemancar sehingga semua daerah dapat menikmati TV Digital.

Solusi bagi yang sinyalnya kurang stabil dapat menggunakan TV Parabola. TV parabola ini ada yang berbayar ada yang gratis. 

TV Parabola ini berbeda dengan TV Digital. TV Parabola ini menggunakan satelit, jadi dapat digunakan daerah terpencil. Gelombang satelit ini memungkinkan untuk di akses dari semua tempat, misalnya kapal di tengah laut. 

Sekian tentang apa itu TV Digital, kekurangan dan juga kelebihan TV Digital ini. Semoga bermanfaat.